Jumat, 25 Maret 2011

Menuju Sukses dengan Antusiasme

Sikap antusias akan membawa kita pada perasaan, pikiran, dan tindakan yang positif. Antusiasme adalah rahasia keberhasilan yang tersembunyi.

Kata anntusias (enthusiatic) berasal dari bahasa yunani "entheos" yang berarti " Tuhan di dalam", dan antusiasme (enthusiasm) yang berarti "diilhami oleh Tuhan". Sedangkan menurut kamus webters, antusiasme adalah perasaan senang luar biasa untuk menggapai sesuatu. Yang artinya, ketika seseorang memiliki antusiasme atau semangat dallam diri sendiri, maka ia akan merasa sangat senang dan bahagia untuk mencapai mimpi.

Percayalah, setiap sukses besar akan selalu disertai dengan antusiasme besar dalam proses pencapaiannya. Sebaliknya, kegagalan selalu di dampingi oleh kecilnya antusiasme, ataumungkin bahkan tidak adanya semangat antusiasmedalam mencapai suatu tujuan. Sikap antusias atau bersemangat adalah syarat umum bagi seseorang yang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya.

Seseorang boleh saja mempunyai tujuan, keinginan, sasaran, atau rencana yang sudah terjadwal dengan baik untuk segera dilaksanakan. Tetapi jika dalam pelaksanaanya tersebut tidak diiringi dengan antusiasme di dalamnya, maka hal itu tidak ada manfaatnya. Selalu mempunyai semangat atau antusiasme di dalam setiap hal yang dilakukan, akan semakin mendekatkan diri seseorang pada sukses yang di impikannya.

Setiap orang, apapun pekerjaannya, dimanapun ia berad, dan bagaimanapun kondisinya, sudah seharusnya menyadari bahwa sikap antusiasdapat membawa dirinya pada kehidupan yang lebih baik. Karena, sikap antusias akan membawa kita pada perasaan, pikiran dan tindakan yang positif.Sikap antusias akan meningkatkan gairah positif dalam kehidupan siapapun. Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain, membuat seseorang lebih terbuka terhadap ide-ide atau peluang baru, dan bahhkan meningkatkan kualitas kesehatannya.

Satu lagi rahasia yang banyak belum diketahui orang, antusiasme dapat "menular" layaknya virus! Jika melakukan segala seseuatu dengan antusias, orang-orang disekitar akan ikut merasakan semangat yang dimiliki seseorang. Hal ini dapat diamati dari lingkungan kerja. Pasti rekan-rekan kerja,bahkan pimpinanpun akan terpengaruh dengan sikap antusias atau semangat yang diperlihatkan seorang karyawan dalam melakukan segala tugas dan kewajiban, seberat apapu pekerjaan tersebut. Mereka pasti akan ikut terbawa arus semangat yang keluar dari diri rekan kerjanya tersebut dan terus berusaha berjuang melakukan yang terbaik dengan penuh antusiasme. Semangat!

Ketipak-ketipuk suara gendangan
Bangunkan tidur sikumbang ngengat
Ayo kawan bergandeng tangan
Satukan tekad tetap semangat
(Dr. Esther Nurima, MARS. dalam Better Health Edisi 1 Februari 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar